Tuesday, October 23, 2012

Renungan Menjelang Hari Raya Qurban


Renungan Menjelang Hari Raya Qurban . Rasanya baru kemarin merayakan Hari Raya Qurban atau Hari Raya Idul Adha , kadang  disebut juga Lebaran Haji.  Kami sekeluarga Shalat sunah Idul Adha, duduk bersimpuh melantunkan takbir dan tahmid di masjid dekat rumah terus melihat penyembelihan hewan Qurban yang tahun kemarin jumlahnya cukup lumayan, 3 ekor sapi dan 45 Kambing di 3 RW khusus komplek Perumahan kami. sekarang prosesi atau ritual itu sebentar lagi akan terulang kembali.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak para pembaca untuk  menyimak sebuah Renungan Menjelang Hari Raya Qurban 1433 H . Sengaja saya copas dari blog tetangga yang berbicara tentang Qurban dan keikhlasannya.  kisah yang sangat menarik untuk kita jadikan bahan renungan tentang pengorbanan seorang anak kepada orang tuanya . Dengan mata berkaca-kaca menahan haru, renungan ini saya share untuk berbagi info dengan sobat lainnya. Selamat menyimak dan mengambil hikmahnya

Seorang pedagang hewan qurban berkisah tentang pengalamannya: Seorang ibu datang memperhatikan dagangan saya. Dari penampilannya sepertinya tak akan mampu membeli. Namun tetap saya coba hampiri dan menawarkan kepadanya, “Silahkan bu…”, lantas ibu itu menunjuk salah satu kambing termurah sambil bertanya,”kalau yang itu berapa Pak?”.
“OOh.. Yang itu 700 ribu ” jawab saya. “Harga pasnya berapa?”, Tanya Si Ibu “600 deh, harga segitu untung saya kecil, tapi biarlah…… . “Tapi, uang saya hanya 500 ribu, boleh atau tidak  pak?”, pintanya…  Waduh, saya bingung, karena itu harga modalnya, akhirnya saya berembug dengan teman sampai akhirnya diambil keputusan untuk diberikan saja dengan harga 500 ribu itu kepada ibu tersebut.

Sayapun mengantar hewan qurban itu sampai kerumahnya, begitu tiba dirumahnya, “Astaghfirullah……, Allahu Akbar…, terasa menggigil seluruh badan karena melihat keadaan rumah ibu itu.

Renungan Hara Raya Qurban

Rupanya ibu itu hanya tinggal bertiga, dengan ibunya dan puteranya dirumah gubug berlantai tanah tersebut. Saya tidak melihat tempat tidur kasur, kursi ruang tamu, apalagi perabot mewah atau barang-barang elektronik,. Yang terlihat hanya dipan kayu beralaskan tikar dan bantal yang sudah lusuh.

Diatas dipan, tertidur seorang nenek tua kurus dan kering. “Mak…..bangun mak, nih lihat saya bawa apa?”, kata ibu itu pada nenek yg sedang rebahan sampai akhirnya terbangun. “Mak, saya sudah belikan emak kambing buat kurban, nanti kita antar ke Masjid ya mak….”, kata ibu itu dengan penuh kegembiraan.
Si nenek sangat terkaget meski nampak bahagia, sambil mengelus-elus kambing, nenek itu berucap, “Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga kalau emak mau berqurban”.
“Nih Pak, uangnya, maaf ya kalau saya nawarnya kemurahan, karena saya hanya tukang cuci di kampung sini, saya sengaja mengumpulkan uang untuk beli kambing yang akan diniatkan buat qurban atas nama ibu saya….”, kata ibu itu

Melihat fenomena tersebut , kaki ini bergetar, dada terasa sesak, sambil menahan tetes air mata, saya berdoa , “Ya Allah…, Ampuni dosa hamba, hamba malu berhadapan dengan hamba-Mu yang pasti lebih mulia ini, seorang yang miskin harta namun kekayaan Imannya begitu luar biasa”.
“Pak, ini ongkos kendaraannya…”, panggil ibu itu,”sudah bu, biar ongkos kendaraanya saya yang bayar’, kata saya.

Saya cepat pergi sebelum ibu itu tahu kalau mata ini sudah basah karena tak sanggup mendapat teguran dari Allah yang sudah mempertemukan dengan hambaNya yang dengan kesabaran, ketabahan dan penuh keimanan ingin memuliakan orang tuanya…….

Untuk mulia ternyata tidak perlu harta berlimpah, jabatan tinggi apalagi kekuasaan, kita bisa belajar keikhlasan dari ibu itu untuk menggapai kemuliaan hidup. Berapa banyak diantara kita yang diberi kecukupan penghasilan, namun masih saja ada keengganan untuk berkurban, padahal bisa jadi harga handphone, jam tangan, tas, ataupun aksesoris yg menempel di tubuh kita harganya jauh lebih mahal dibandingkan seekor hewan qurban. Namun selalu kita sembunyi dibalik kata tidak mampu atau tidak dianggarkan.

Subhanallah … Allahu Akbar Walilahilhamdu .. sungguh mulia bagi orang yang mau berkurban secara tulus dan ikhlas  demi orang tuanya…yang bahkan seara syariat keluarga seperti dia tak perlu berkurban malah wajib menerima kurban dari saudara-saudara kita yang lebih berada.

Sampai disini Renungan Menjelang Hari Raya Qurban atau Hari Raya Idul Adha 1433 H . Teriring doa semoga uwak kami sekeluarga yang sedang melaksanakan ritual ibadah haji tahun ini diberikan kemudahan dalam melaksanankan rukun dan wajib haji sesuai syariat  dan kembali ke tanah air dengan predikat haji Mabrur dan hajah Mabrurah.

Allahumma hajjan mabruron, wa sa'yan masykuran,
wa zamban maghfuron, wa tijaratan lan tabuur.
Ya 'alima fishuduur akhrijni minazhulumati ilannuur.

Robbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhiroti hasanatan wa qina adzaban nar.
wa adhilnaa jannata ma’al abrori yaa ‘aziizu yaa ghoffaru yaa robbal’alamin.

subhana robika robil ijati amma yaasifuun wassalaamun alalmursalin
wal hamdulillahi robbil ‘ alamin.

Selamat Hari Raya Idul Adha

Semoga hidupmu dipenuhi kelezatan,
selezat sate kambing di hari raya qurban.
Imanmu dipenuhi ketegaran,
setegar Ismail dan domba sembelihan.
Serta hari-harimu dalam bimbingan,
seperti Ibrahim sang Kekasih Tuhan.

Ya Allah..
Jadikanlah setiap helaan nafas kami sebagai bukti cinta kepada’Mu.
dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati’Mu.

Selamat Hari Raya Idul Adha

Sumber : Saung Web


    Terima kasih telah mampir, jangan lupa komentarnya ya

Related Post:

339 komentar:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 339   Newer›   Newest»
Obat Herbal Kanker Paru Paru on October 23, 2012 at 1:50 PM said...

Sebentar lagi hari kurban,terimakasih banyak atas informasinya...

tatawarna on October 23, 2012 at 3:25 PM said...

makasi ngingatkan, good job

rental mobil disurabaya on October 23, 2012 at 3:45 PM said...

subhanallah.. mulia sekali hati ibu itu..

iklan baris gratis on October 23, 2012 at 3:46 PM said...

terima kasih atas pencerhannya.. ibu itu memiliki hati yang mulia, meski tak mampu tetapi tetap berkuban untuk ibunya. :)

Bacaan Shlat Idul Adha on October 23, 2012 at 5:41 PM said...

Ingin rasanya hati ini seperti ibu tersebut..

Canon Printer on October 23, 2012 at 5:47 PM said...

Memang sangat trenyuh sekali baca renungan ini

Dofollow Blog on October 23, 2012 at 5:50 PM said...

Indah sekali rasanya.. andaikan kebanyakan orang punya hati semulia ibu itu...

Tips Seo on October 23, 2012 at 8:05 PM said...

Wah, meski dia orang yg tidak mampu, tapi tetap rela membeli hewan kurban

pengobatan alternatif osteoporosis on October 24, 2012 at 8:22 AM said...

saya ingin sekali kurban kalau ada miliknya

Obat Herbal Penyakit Wasir on October 24, 2012 at 11:19 AM said...

subhanAllah,,sayapun malu baca ini bang,,,,
sungguh keimanan yang tinggi....

Cara mengobati lemah syahwat on October 24, 2012 at 11:44 PM said...

ini benar benar postingan yang sangat menginsfirasi sekali

Obat migrain alami on October 24, 2012 at 11:47 PM said...

saya tahun ini g kurban dan mudah mudahan tahun depan bisa melaksanakan kurban.. mudah mudahan niat baik ini di catat dan terkabul amen

Cara mengobati diare alami on October 24, 2012 at 11:53 PM said...

postingan yang sangt menggugah sanubari

Cara mengobati maag kronis on October 24, 2012 at 11:55 PM said...

hari raya idul adha hanya tinggal beberapa hari lagi...syo kurban

Obat sakit liver on October 24, 2012 at 11:58 PM said...

benar benar postingan yang membuat orang banyak sadar

Cara herbal mengobati ambeien on October 24, 2012 at 11:59 PM said...

ini adalah sebuah postingan terbaik yang mengangkat sebuah kisah nyata

Obat Tradisional Jantung on October 25, 2012 at 10:46 AM said...

sungguh mulia ibu tersebut , andai semua manusia tdk memiliki ketamakan yg berlebih :)

Obat Penyakit Kista Alami on October 25, 2012 at 11:29 AM said...

Renungan yang memberikan motivasi yang baik,salam kenal dan semoga informasi ini bisa bermanfaat....

Fatihware on October 25, 2012 at 12:56 PM said...

Ya Allah..
Jadikanlah setiap helaan nafas kami sebagai bukti cinta kepada’Mu.
dan pengorbanan kami sebagai bukti kami mendekati’Mu.

super sekali kata2 di atas, saya suka :)
salam kenal

cara pemesanan on October 25, 2012 at 1:13 PM said...

selamat hari raya Idul Adha :)

tour and travel disurabaya on October 25, 2012 at 8:16 PM said...

renungannya menggugah hati.. :)

Obat herbal vitalitas tubuh on October 25, 2012 at 10:25 PM said...

insfiratif... sangat bermanfaat sekali postingannya

Agen xamthone plus malang on October 25, 2012 at 10:27 PM said...

dalem banget kisahnya

Obat herbal penyakit gondok on October 25, 2012 at 10:29 PM said...

selamat hari raya idul adha

Cara mengobati sifilis alami on October 25, 2012 at 10:31 PM said...

kunungan di malam takbir

Obat sakit infeksi saluran kemih on October 25, 2012 at 10:34 PM said...

sangat terharu mengikuti kisahnya

Idul Adha Bukan Lebaran Haji on October 26, 2012 at 10:54 PM said...

Sungguh mulia seorang yang miskin harta tapi kaya iman

obat herbal asma on October 27, 2012 at 8:03 AM said...

gmna gan udah bikin satenya :)

Penyuluh Perikanan on October 27, 2012 at 4:13 PM said...

postingannya sangat bermanfaat sobat
salam kenal dan follow 24, ditunggu follow back sobat
terima kasih

tas wanita on October 28, 2012 at 6:06 AM said...

merinding saya membacanya.......dan jadi diingatkan tahun ini aku gak kurban

dompet wanita on October 28, 2012 at 6:19 AM said...

ini pahalanya sekian kali lipat dibanding yang mampu....

jaket kulit on October 28, 2012 at 6:20 PM said...

wah wah artikelnya update terus Selamat Hari raya IDUL ADHA

obat herbal penyakit jantung on October 29, 2012 at 11:24 AM said...

sungguh sangat mulia orang tersebut..
terimakasih artikel nya.

obat herbal asam urat on October 29, 2012 at 12:14 PM said...

renungan yang sangat bagus..
semoga orang-orang yang mampu tidak malas untuk berkorban.

Batu Adventure on October 29, 2012 at 2:34 PM said...

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

obat herbal alami on October 29, 2012 at 2:57 PM said...

orang dengan keadaan seperti itu aja bisa berusaha untuk melakukan qurban...
bagaiamana dengan orang-orang yang mampu?

obat maag kronis herbal on October 29, 2012 at 3:08 PM said...

sungguh luar biasa gan renunganya menegnai hari raya kurban

obat herbal hiv aids on October 29, 2012 at 3:28 PM said...

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

penyuluh perikanan on October 29, 2012 at 4:00 PM said...

hadir lagi sobat, ...

PENAWARAN USAHA SUSU SALWA on October 30, 2012 at 12:21 AM said...

artikel yang menarik

jelly gamat luxor on October 30, 2012 at 10:44 AM said...

jual jelly gamat luxor

Puisi Pendidikan on October 31, 2012 at 2:14 AM said...

Sebuah renungan yang indah dan tentu memotivasi saya untuk bisa berkurban suatu saat nanti. salam kunjungan

cara membuat com on October 31, 2012 at 8:49 AM said...

Artikelnya bagus banget sebagai renungan.. btw kok jarang posting ya..

Obat Herbal Asma on October 31, 2012 at 11:00 AM said...

masya allah, terimakasih ya gan sudah berbagi,

pengobatan alami tbc on October 31, 2012 at 4:00 PM said...

informasi yang bagus nih gan

Penyuluh on October 31, 2012 at 4:31 PM said...

Renungan yang bisa kita gunakan utk menjadi yang terbaik
terima kasih sobat

Berita Selebriti Terbaru on November 1, 2012 at 5:41 PM said...

Biasanya yang harus banyak-banyak merenung ialah si embek karena akan segera mengakhiri ajalnya. Hehhe kidding.

semir ban on November 1, 2012 at 7:45 PM said...

kita hendaknya memelihara sikap untuk saling memberi, membantu sesama setiap saat, tidak hanya pada event tersebut.

obat gagal ginjal tradisional on November 2, 2012 at 2:36 PM said...

info yang bagus

toko bunga bandung on November 2, 2012 at 8:27 PM said...

ah sayang
kudatang lambat berkunjung
renungan itu tlah berlalu
tapi...

Obat Herbal Penyakit Insomnia on November 2, 2012 at 9:39 PM said...

semoga kita mampu menjadi sosok seorang hamba yang lebih baik lagi, seiring dengan berkah yang kita dapatkan dari hari raya qurban ini.

cara menyembuhkan tekanan darah tinggi on November 3, 2012 at 3:50 PM said...

semoga tahun depan saya bisa berkorban

xhamone plus on November 5, 2012 at 10:11 AM said...

hukum-nya apa bila orang mampuh tidak berkurban,

artikel yang sangat menarik

obat tradisional alzheimer on November 6, 2012 at 8:14 AM said...

arti dalam berkurban itu keikhlasan

obat herbal darah tinggi on November 6, 2012 at 11:10 AM said...

intinya adalah berbagi, ga cuma ketika Idhul Adha, tp jg seterusnya

obat herbal kanker payudara on November 6, 2012 at 11:14 AM said...

meringankan beban sesama....

akbar on November 7, 2012 at 11:06 AM said...

hallo

machfuz caesar on November 7, 2012 at 4:24 PM said...

sayangnya renungan ini harusnya selalu ditulis terus bukan hanya pada hari raya aja....

Follow me at Forex Trader

jelly gamat luxor on November 8, 2012 at 10:59 AM said...

salam sehat gan

Thedragao Blog on November 8, 2012 at 2:26 PM said...

Wah ane telat infonya :(

Obat Penyakit Kista on November 8, 2012 at 2:55 PM said...

Biarpun saya seorang spammers terkadang saya menyimak artikel yang agan tulis ko..makasih yah gan untuk artikelnya..tetap semangat berkarya di dunia blogging . .
:D


pengobatan alternatif kista on November 8, 2012 at 3:25 PM said...

wah bener bener keren mas artikel nya,, ini menarik sekali

pengobatan alternatif asam urat on November 8, 2012 at 3:34 PM said...

hemmmm,,, menyentuh juga gan cerita nya,,

pengobatan alami vertigo on November 8, 2012 at 3:57 PM said...

info yang bagus

Abed Saragih on November 9, 2012 at 3:00 PM said...

Segalanya yang kita berikan dan dilakukan dengan ucapan syukur maka pahalanya akan baik.Amin

obat tradisional darah tinggi on November 10, 2012 at 9:23 AM said...

selamat pagi dan salam kanal ya

obat tradisional keputihan on November 10, 2012 at 9:24 AM said...

semoga sukses selalu

obat tradisional kanker / tumor otak on November 10, 2012 at 9:24 AM said...

ijin menyimask dan backlink disini ya

Amadea K Nastiti on November 10, 2012 at 1:34 PM said...

semoga kurban diterima Allah SWT... nice share :) terharu membaca kisahnya :')

juli on November 10, 2012 at 2:04 PM said...



terimaksih atas infonya

Obat herbal penyakit infeksi saluran kemih on November 11, 2012 at 10:44 AM said...

subhanalohhhh

Obat sakit klamidia on November 11, 2012 at 10:45 AM said...

salam sehat

OBAT HERBAL TRADISIONAL on November 11, 2012 at 10:45 AM said...

brilian banget nih info

reachschools.org on November 11, 2012 at 9:39 PM said...

Ini adalah sentilan sosial. Banyak yang kaya harta namun miskin hati.

jugglingart.org on November 11, 2012 at 9:40 PM said...

mampukah kita menjadimanusia seperti itu? sungguh luar biasa

satuwaktu.net on November 11, 2012 at 9:44 PM said...

subhanallah,pengalaman dan pelajaran hidup yang luar biasa. semoga semakin bertakwa

oceanoffish on November 11, 2012 at 9:48 PM said...

Berapakah jumlah orang-orang yang mulai seperti ini di dunia ini? sungguh mulia

Obat Penyakit Kista on November 13, 2012 at 11:57 AM said...

Saya tunggu yah artikel yang menarik lainnya..
_oiya bila bias jarak antara artikel yang satu dan lainnya jangan terlalu jauh agar kami tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati artikel selanjutnya.
:D

akbar on November 14, 2012 at 9:11 AM said...

salam kenal

Pengobatan Penyakit Kista Secara Alami on November 14, 2012 at 2:02 PM said...

salam kenal dan semoga sukses :)

jelly gamat luxor on November 14, 2012 at 2:32 PM said...

salam sehat gan

http://senjahitam.blogspot.com/ on November 15, 2012 at 10:11 AM said...

Berapakah jumlah orang-orang yang mulai seperti ini di dunia ini? sungguh mulia

tips menurunkan tekanan darah tinggi on November 16, 2012 at 11:43 AM said...

salam kenal gan

azmi on November 17, 2012 at 11:53 AM said...

Hari raya qurban sudah lewat, tapi tidak ada kata terlambat bagi saya untuk sedikit merenung di blog ini, makasih atas pencerahannya gan. semoga dengan adanya postingan ini akan muncul Ibrohim Ibrohim baru dan Ismail Ismail baru. salam kenal, dofollow saya di blogini.

Obat Alternatif Penyakit Radang Paru Paru on November 18, 2012 at 9:01 AM said...

ah sebenarnya ini tidak peru memaksakan klw kita tidak mampu tapi ya bagi orang yang sudah mampu di wajibkan thanks atas infonya.........!

abdul rohim on November 19, 2012 at 6:37 AM said...

subhanawllah sungguh mulia hati si ibu itu rela membelikan seekor kambing untuk ibu tercintnya,meski hari raya qurban telah lewat, tidak adak ada kata terlambat untuk merenungi setiap kejadian,makasih gan atas pencerahannya,salan kenal,sukses selalu

Obat Penyakit Ambeien on November 19, 2012 at 7:55 AM said...

Terimakasih atas informasinya..!
Semoga dengan adanya renungan di hari raya Qurban ini bisa menjadi hikmah bagi kita semuanya amien,,.

Template Booklet on November 19, 2012 at 2:28 PM said...

bgus artikelnya, emang harus kita renungi dulu..

cara mengobati stroke on November 19, 2012 at 8:38 PM said...

salam sehat gan

obat sakit pinggang herbal on November 20, 2012 at 8:24 AM said...

sukses selalu iyah

Obat Herbal Kanker Usus on November 21, 2012 at 8:05 AM said...

terimakasih,, slam kenal.

Tutorial Dan Bisnis on November 21, 2012 at 9:17 AM said...

Sebuah pencerahan buat kita semua

obat tradisional kanker payudara on November 21, 2012 at 3:18 PM said...

sukses ya

obat tradisional gondok on November 21, 2012 at 3:18 PM said...

trimakasih ya untuk informasinya

obat tradisional penyakit kuning on November 21, 2012 at 3:19 PM said...

semangat ya blogger

Obat Tradisional Paru Paru Basah on November 21, 2012 at 4:13 PM said...

weich mantap dech thanks atas infonya......!

OBAT HERBAL KISTA OVARIUM on November 22, 2012 at 1:18 PM said...

ceritanya sangat memotivasi banget nih.

OBAT HERBAL DARAH TINGGI on November 22, 2012 at 1:47 PM said...

Banyak yang bisa di ambil dari cerita di atas. Terima kasih ya.

Aris on November 22, 2012 at 4:23 PM said...

sayang yah hari raya qurban cuman sehari doang ..

toko bunga on November 23, 2012 at 9:42 PM said...

renungan yang sangat indah dan sangat bermakna

review mobil on November 24, 2012 at 12:28 PM said...

makasi atas renungan nya gan....selamat qurban..
Sebuah pencerahan buat kita semua...

lexus rx 350 f sport on November 24, 2012 at 12:29 PM said...

sebuah motifasi buat kita semua...thx ats renungan dan infonya...

akbar on November 24, 2012 at 3:13 PM said...

info yang menarik

cara mencegah virus hepatitis a on November 26, 2012 at 1:15 PM said...

artikelnya bagus gan

zul on November 28, 2012 at 11:37 AM said...

bermanfaat banget infonya-infonya bagi saya


makasih ya gan

tour and travel disurabaya on November 28, 2012 at 2:04 PM said...

renungan yang sangat bagus sekali.

Petualang Unik on November 28, 2012 at 9:08 PM said...

renungan nya menyentuh banget sob

Artikel Unik Dan Menarik on November 28, 2012 at 9:09 PM said...

mantap banget infonya

obat stroke on November 30, 2012 at 11:02 AM said...

bener tuh gan

obat asam urat on November 30, 2012 at 3:08 PM said...

menjadi bahan renungan untuk kita semua

cara mengobati jantung koroner secara herbal on November 30, 2012 at 8:27 PM said...

supaya kita semua mengingat yang di atas

cara mengobati asam urat secara herbal on November 30, 2012 at 8:28 PM said...

makasih gan ,, nyentuh banget gan.... nice share info

zul on December 1, 2012 at 2:14 PM said...

Halllo, numpang untuk nambah backlink di sini ya !!

Setelah saya menyimak ternyata info-infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya

Thanks



panduan auto on December 6, 2012 at 11:14 AM said...

Sebuah renungan yang indah dan tentu memotivasi saya untuk bisa berkurban suatu saat nanti.

review hoby mobil on December 11, 2012 at 8:51 AM said...

met Hari Raya Qurban all

review top auto on December 12, 2012 at 12:58 PM said...

makasi renungannya...izin bookmark ya...

Digital Areas on December 13, 2012 at 8:29 PM said...

terima kasih gan atas renungan yang berharga ini..

Obat Penyakit Jantung Koroner on December 15, 2012 at 9:49 AM said...



Beritanya mennarik untuk di simak,

makasih ya gan atas infonya


Obat Herbal Penyakit Kanker Payudara on December 15, 2012 at 9:50 AM said...




lanjutkan ,, good luck

informasi automotive hijau on December 17, 2012 at 10:59 AM said...

makasi gan renungannya.....sangat berharga dan bermanfaat.

Agen bola on December 17, 2012 at 12:43 PM said...

benar benar postingan yang membuat orang banyak sadar

Agen ibcbet on December 17, 2012 at 12:45 PM said...

sungguh mulia ibu tersebut , andai semua manusia tdk memiliki ketamakan yg berlebih :)

Agen sbobet said...

ah sebenarnya ini tidak peru memaksakan klw kita tidak mampu tapi ya bagi orang yang sudah mampu di wajibkan thanks atas infonya.........!

Agen sbobet on December 17, 2012 at 12:47 PM said...

ah sebenarnya ini tidak peru memaksakan klw kita tidak mampu tapi ya bagi orang yang sudah mampu di wajibkan thanks atas infonya.........!

Cara Mengobati Insomnia on December 17, 2012 at 2:04 PM said...

Menyentuh juga.

Cara Mengobati Sinusitis on December 18, 2012 at 1:32 PM said...

Artikel menarik.

berita mobil on December 19, 2012 at 12:29 PM said...

menjadi bahan renungan untuk kita all........

Cara Mengobati Asam Urat on December 19, 2012 at 1:19 PM said...

Salam sukses selalu.

xamthone on December 19, 2012 at 1:52 PM said...

sungguh mulia skali dan iman yang kuat...

Cara Mengobati Ambeien on December 20, 2012 at 12:53 PM said...

Patut dicontoh.

informasi top otomotif on December 21, 2012 at 10:56 AM said...

qurban dah lewat ya taonn ini... ,terimakasih banyak atas informasinya...

informasi dunia otomotif on December 24, 2012 at 11:24 AM said...

bener thu gan..menjadi bahan renungan untuk kita semua

informasi autofuture on December 27, 2012 at 11:50 AM said...

makasi daj ngingatkan, good job

agen 368bet on December 28, 2012 at 3:56 PM said...

subhanallah..klo mereka niat dan mau berusaha pasti beli sapi seperti itu pun pasti bisa

rental genset on December 28, 2012 at 3:57 PM said...

cerita yang membuat saya terharu..mereka sampai seperti itu untuk bisa ikut berkurban..hebat.

agen guavita on December 28, 2012 at 3:58 PM said...

terharu saya bacanya..kenapa saya tidak bisa y seperti itu..padahal saya lebih mampu daripada mereka..tahun depan insya Allah saya akan berkurban.amin

ulasan theautoz on December 29, 2012 at 9:55 AM said...

subhanallah.. mulia sekali hati ibu itu..

obat herbal ginjal on December 29, 2012 at 11:56 AM said...

kunjungan pagi nie gan..

obat herbal batu ginjal on December 29, 2012 at 11:57 AM said...

salam kenal aja..

obat herbal tbc on December 29, 2012 at 11:57 AM said...

blog yg bgs.

obat kanker kelenjar getah bening on December 29, 2012 at 11:58 AM said...

artikel yg menarik.

obat hepatitis b on December 29, 2012 at 11:59 AM said...

sip bro.

obat alami ejakulasi dini on December 29, 2012 at 3:07 PM said...

ikut nyimak artikelnya.,.,.,

Jaket Kulit on December 29, 2012 at 6:56 PM said...

sungguh luar biasa gan renunganya menegnai hari raya kurban

obat kista on January 1, 2013 at 3:16 PM said...

artikelnya menarikk gan

obat tradisional asma alami on January 3, 2013 at 9:10 AM said...

terima kasih artikelnya ya...

obat tradisional kolestrol alami on January 3, 2013 at 9:11 AM said...

ibu itu memiliki hati yang mulia, meski tak mampu tetapi tetap berkuban untuk ibunya...semoga bisa diberikan jalan supaya bisa berkurban...

obat ambeien wasir tradisional on January 3, 2013 at 9:12 AM said...

postingannya menarik sekali bisa membangkitkan semangat orang....
makasih ya,...

obat tradisional kanker payudara alami on January 3, 2013 at 9:13 AM said...

inspiratif banget postingannya....
makasih ya...

obat tradisional stroke alami on January 3, 2013 at 9:14 AM said...

artikelnya sangat menarik ne tiw....
makasih ya...

obat herbal jantung koroner on January 3, 2013 at 3:50 PM said...

sungguh mulia bngt ya ibu itu.

obat kanker prostat on January 3, 2013 at 3:51 PM said...

mantab bnr nie postingannya.

obat herbal kanker darah on January 3, 2013 at 3:53 PM said...

padahal rumahnya aja bgt ya,tapi ibu itu lbh milih qurbanin hewan demi nama ibunya.astagfirullah..mulia bngt.

agen xamthone on January 3, 2013 at 3:54 PM said...

anak yg berbakti.

obat herbal sakit kepala on January 3, 2013 at 9:03 PM said...

Wah, meski dia orang yg tidak mampu, tapi tetap rela membeli hewan kurban

obat herbal kolesterol on January 3, 2013 at 9:04 PM said...

Wah, meski dia orang yg tidak mampu, tapi tetap rela membeli hewan kurban

obat herbal wasir on January 3, 2013 at 9:06 PM said...

Ingin rasanya hati ini seperti ibu tersebut.

obat herbal kanker on January 3, 2013 at 9:07 PM said...

Indah sekali rasanya.. andaikan kebanyakan orang punya hati semulia ibu itu..

obat kanker payudara on January 3, 2013 at 9:08 PM said...

Ingin rasanya hati ini seperti ibu tersebut.

info carfans on January 4, 2013 at 10:50 AM said...

Memang sangat trenyuh sekali baca renungan ini

obat herbal penurun kolesterol on January 4, 2013 at 3:03 PM said...

jarang ada org seperti itu dizaman sekarang.

obat kanker hati on January 4, 2013 at 3:04 PM said...

sungguh hati yg penuh kemulian.

obat herbal leukimia on January 4, 2013 at 3:05 PM said...

ya allah...alhamdullilah.

obat kanker paru paru on January 4, 2013 at 3:06 PM said...

semoga ibu itu mendapatkan ridho SWT.

obat gagal ginjal tradisional on January 5, 2013 at 12:22 AM said...

mulia sekali hati ibu itu...terima kasih postnya...

obat aids hiv tradisional on January 5, 2013 at 12:23 AM said...

wah sampai terharu baca postingannya...

obat penyakit kista tradisional on January 5, 2013 at 12:24 AM said...

terima kasih sudah mengingatkan apa arti dari berkurban...

obat herbal sinusitis alami on January 5, 2013 at 12:25 AM said...

semoga bisa banyak yang menjadi sadar setelah membaca postingan ini....
thx ya..

obat ginjal tradisional on January 5, 2013 at 12:26 AM said...

harus dicontoh ne....

obat herbal batu ginjal on January 8, 2013 at 9:53 AM said...

ikut baca dulu ya artikelnya..

obat herbal tbc on January 8, 2013 at 9:53 AM said...

postingan yang membuat orang banyak sadar...terima kasih..

obat tradisional kanker kelenjar getah bening on January 8, 2013 at 9:54 AM said...

selamat hari raya idul adha...
semoga di tahun ini bisa berkurban lagi....

obat tradisional jantung koroner on January 8, 2013 at 9:55 AM said...

renungannya sangat membuat hati tersentuh...terima kasih ya uda share..

obat tradisional kanker prostat on January 8, 2013 at 9:56 AM said...

ceritanya dalam dan bermakna banget ne...semoga bisa menjadi cermin diri dari setiap kita masing2...

Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia on January 9, 2013 at 1:53 AM said...

Sebentar lagi Idul Adha.. Selamat berkurban..
Bank Mandiri Bank Terbaik Di Indonesia

pengobatan herbal batu empedu on January 9, 2013 at 12:34 PM said...

nice post..

pengobatan alami kanker darah on January 9, 2013 at 12:34 PM said...

thx y uda ingetin kita2 semua ne...
selamat berkurban..

pengobatan alami kanker hati on January 9, 2013 at 12:35 PM said...

semoga di tahun ini bisa berkurban ya...

pengobatan alami kanker paru-paru on January 9, 2013 at 12:36 PM said...

orang dengan keadaan seperti itu aja bisa berusaha untuk melakukan qurban...apakah orang2 dengan keadaan yang lebih baik tidak malu apabila tidak berkurban???

pengobatan herbal lupus on January 9, 2013 at 12:37 PM said...

kisahnya sangat dalam dan menginspirasi sobat...
terima kasih ud berbagi..

obat herbal stroke on January 9, 2013 at 11:42 PM said...

makasi ngingatkan, good job

obat gagal ginjal on January 9, 2013 at 11:44 PM said...

info yang bagus

obat herbal hiv aids on January 9, 2013 at 11:45 PM said...

subhanallah.. mulia sekali hati ibu itu..

obat herbal kista on January 9, 2013 at 11:46 PM said...

terima kasih atas pencerhannya.. ibu itu memiliki hati yang mulia

obat herbal sinusitis on January 9, 2013 at 11:47 PM said...

Ingin rasanya hati ini seperti ibu tersebut..

obat herbal ginjal on January 11, 2013 at 12:46 AM said...

Sebentar lagi hari kurban,terimakasih banyak atas informasinya.

obat herbal batu ginja on January 11, 2013 at 12:49 AM said...

Sebentar lagi hari kurban,terimakasih banyak atas informasinya...

obat herbal tbc on January 11, 2013 at 12:50 AM said...

Memang sangat trenyuh sekali baca renungan ini

obat hepatitis b on January 11, 2013 at 12:51 AM said...

terima kasih atas pencerhannya.

obat herbal jantung koroner on January 11, 2013 at 12:52 AM said...

Indah sekali rasanya.. andaikan kebanyakan orang punya hati semulia ibu itu.

obat tradisional alami miom on January 11, 2013 at 10:22 AM said...

wah perenungan yang luar biasa...

obat tradisional alami trigliserida on January 11, 2013 at 10:22 AM said...

thx ya uda diingetin ne...

obat tradisional alami jantung bengkak on January 11, 2013 at 10:23 AM said...

pengen banget bisa kaya ibu itu..
sangat bisa dijadikan teladan...

obat tradisional alami jantung bocor on January 11, 2013 at 10:24 AM said...

mulia sekali hati ibu itu...
terima kasih ya sobat..

obat tradisional alami flek paru-paru on January 11, 2013 at 10:24 AM said...

semoga bisa berkurban ya di tahun ini...

obat kanker prostat on January 11, 2013 at 9:41 PM said...

Memang sangat trenyuh sekali baca renungan ini

obat kanker kelenjar getah bening on January 11, 2013 at 9:42 PM said...

Sebentar lagi hari kurban,terimakasih banyak atas informasinya..

obat herbal batu empedu on January 11, 2013 at 9:43 PM said...

pengen banget bisa kaya ibu itu..
sangat bisa dijadikan teladan.

obat herbal leukimia on January 11, 2013 at 9:44 PM said...

Ingin rasanya hati ini seperti ibu tersebut..

obat kanker paru paru on January 11, 2013 at 9:44 PM said...

Wah, meski dia orang yg tidak mampu, tapi tetap rela membeli hewan kurban

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 339   Newer› Newest»
 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Blog Atiw ! Blogger